BAB
II
PEMBAHASAN
HASIL OBSERVASI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DI SD
Pembelajaran
Matematika yang diobservasi oleh penulis adalah pembelajaran Matematika di
kelas 3 semester 2. Adapun penjelasan lebih rincinya sebagai berikut.
A.
Standar
Kompetensi : Melakukan operasi hitung
bilangan sampai
tiga
angka
B.
Kompetensi
Dasar : Melakukan perkalian
yang hasilnya bilangan
tiga
angka dan pembagian bilangan tiga
angka
C.
Materi
yang Disampaikan Guru
Pembagian
·
Pembagian Dengan
Menggunakan Sistem Pengurangan Berulang
72 : 8 =
. . . .
72 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 =
0
Maka 72 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8
– 8 = 0, berarti 72 : 8 = 9
24 : 4 =
. . .
24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0
Maka 24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0,
berarti 24 : 4 = 6
· Pembagian
Dengan Menggunakan Cara Bersusun Pendek
Membagi Bilangan Tiga Angka dengan
bilangan Satu Angka
121
2) 242 242
: 2 = 100, sisa 42
200 – 100
2 = 200

42 42
: 2 = 20, sisa 2
40 – 20
2 = 40

2 2
: 2 = 1, sisa 0
2 –
0
Jadi, 242 : 2 = 121
D. Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal
a. Guru
mengkondisikan siswa sebelum pembelajaran berlangsung. Pembelajaran matematika
ini dilakukan di jam akhir pembelajaran. Guru sudah mampu mengkondisikan siswa
untuk siap mengikuti pembelajaran.
b. Guru
tidak mengecek kehadiran siswa. Seharusnya, meskipun pelajaran ini di jam akhir
pembelajaran, guru harus senantiasa memperhatikan kehadiran siswa. Ini
ditakutkan terdapat ada beberapa siswa yang tidak mengikuti pembelajaran karena
pulang atau alasan lainnya.
c. Guru
tidak memeberikan motivasi terlebih dahulu dalam kegiatan awal pembelajaran,
padahal ini sangat penting agar siswa mampu bersemangat mengikuti pembelajaran.
Yang download wajib coment, kalau tidak dosa lhooo.. heuheu
biar saya nya semangat dan rajin ngshare tugas-tugas kuliah saya :D