PKM "Star Bimbel"



A.    JUDUL
Bimbel Star : Lembaga Senyum Prestasi Anak
B.     LATAR BELAKANG
Mahasiswa adalah bagian dari suatu masyarakat dan biasa dikatakan sebagai sosok masyarakat ilmiah. Namun berdasarkan survey lapangan, pada umumnya mahasiswa memiliki kendala dalam memenuhi biaya hidup dan memenuhi biaya perkuliahannya, terlebih dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh organisasi yang harus diikuti menambah beban pengeluaran.Untuk itu mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif dalam memenuhi setiap kebutuhannya. Tapi apa daya ketika dihadapkan dengan kenyataan, bahwasannya mahasiswa ingin sekali mencari suatu lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, tapi nyatanya sedikit sekali lapangan pekerjaan yang mau menerima pekerja dari kalangan mahasiswa aktif.  Khususnya untuk mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan mengalami kesulitan dalam pencarian lapangan kerja, dengan alasan mayoritas lembaga pendidikan membutuhkan tenaga kerja yang telah berpengalaman dan bergelar sarjana.
Kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya pendidikan semakin meningkat, sehingga mayoritas masyarakat  Indonesia berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan setiap individu, khususnya kualitas dan kuantitas pendidikan anak. Populasi masyarakat Indonesia yang terhitung besar khususnya daerah perkotaan seperti wilayah Bandung raya menyebabkan semakin banyak pula masyarakat yang membutuhkan dan menginginkan pendidikan yang lebih berkualitas. Selain itu, kondisi ekonomi yang tidak merata melahirkan tuntutan biaya pendidikan yang murah.
Bandung raya adalah wilayah yang terhitung padat penduduk, aktifitas perekonomian yang belum merata, dan memiliki kesadaran pendidikan yang tinggi. Sehingga wilayah Bandung raya sangat berpotensi dalam program usaha kependidikan. Mayoritas orang tua menginginkan anaknya mendapatkan pembelajaran lebih diluar bangku sekolahnya, dengan jadwal yang bisa diusahakan, dan sebagian menginginkan agar proses pembelajaran bisa dilaksanakan dirumahnya masing-masing. Oleh karena itu, dengan memberdayakan mahasiswa dengan kualifikasi khusus tim mahasiswa ini menghadirkan program pendidikan dan pembelajaran anak diluar sekolah dengan waktu, tempat, pilihan mata pelajaran, dan biaya yang dapat disesuaikan.
C.    RUMUSAN MASALAH
1.      Kebutuhan pendidikan anak yang bermacam-macam tidak dapat dijaring semua oleh pihak lembaga pendidikan formal.
2.      Banyaknya mahasiswa yang berkemampuan mengajar dengan bakat dan keahlian yang dimilikinya tidak teralihkan, serta kebutuhan biaya hidup dan biaya perkuliahan yang semakin meningkat.
3.      Kebingungan masyarakat yang menginginkan anaknya mengikuti bimbingan belajar, namun terkendala oleh waktu, tempat, dan biaya.
D.    TUJUAN
1.      Kebutuhan pendidikan anak dapat terpenuhi. Itu tercermin dari peran aktif  ketika KBM berlangsung dikelas serta dapat naik kelas sebagai tahap evaluasi akhirnya.
2.      Mahasiswa dapat memenuhi biaya hidup dan biaya perkuliahannya dengan mendapat penghasilan dari kerja paruh waktu serta dapat mempraktekan langsung ilmu yang didapatnya dikelas secara langsung.
3.      Orangtua bisa tenang ketika anaknya dapat mengikuti bimbel yang waktu, tempat, dan biaya sesuai dengan keinginan orangtua dan lembaga.
E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
Lembaga Pendidikan yang bergerak dalam bidang bimbingan belajar untuk anak SD ini diharapkan mampu memudahkan siswa dalam memahami suatu mata pelajaran sehingga tidak ada lagi kata “tidak naik kelas” bahkan bisa berprestasi, selain itu sebagai sarana untuk mencari penghasilan bagi pengajar dan manajemen yang notabenenya adalah para mahasiswa yang sedang menyelesaikan kuliahnya, terlebih diharapkan bimbel ini bisa berkembang lebih luas dan mempunyai nama sehingga bisa beromset puluhan juta rupiah setiap bulannya.
F.     KEGUNAAN
Dengan PKM ini dapat mempermudah siswa dalam memahami suatu pelajaran serta memiliki keunggulan lebih dibanding siswa lain, sehingga bisa terlahir putra-putri bangsa yang berprestasi. Selain itu untuk pengajar bisa dijadikan sebagai suatu penghasilan dalam memenuhi biaya hidup dalam menjalani civitas akademik, juga dapat dijadikan sarana untuk praktek pembiasaan di dalam kelas dengan ilmu yang telah didapatkan di kampus.
G.    GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Jumlah sekolah yang ada di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya mencapai 47 sekolah. Untuk jumlah siswa SD yang ada di kabupaten Bandung pada tahun 2010 mencapai 92.712 siswa. Untuk wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya itu sendiri bisa kita simpulkan jumlah murid mencapai 10.000 murid. Sedangkan jumlah mahasiswa aktif dengan program studi kependidikan di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya mencapai kisaran 2800 mahasiswa dengan rincian UIN sekitar 2000 mahasiswa dan UPI kampus Cibiru sekitar 800 mahasiswa. Selain itu, lembaga bimbingan belajar pendidikan yang ada di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya tidak begitu banyak, dimulai Ganesha Operation, Bimbingan dan Konsultasi Nurul Fikri, Sadewa Private, Genius Bimbel, Cendikia Jakarta, Smart Junior dan lain-lain. Dengan banyaknya siswa SD dan mahasiswa dengan program studi kependidikan, serta belum banyaknya lembaga Bimbel yang ada di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya membuktikan betapa berpotensinya usaha yang akan dijalankan ini. Terlebih untuk mendirikan lembaga ini memerlukan pengeluaran yang tidak terlalu banyak hanya sekitar Rp 10.000.000,-  untuk modal awal, dan akan mendapat penghasilan sekitar ... per bulan.
H.    GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
Tentu setiap orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, seperti memasukan anaknya ke dalam lembaga pendidikan dengan harapan anaknya bisa berprestasi dan mempunyai kemampuan lebih dibandingkan anak yang lain. Tapi masyarakat di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya merasa kebingungan harus didaftarkan kemana anaknya. Ada lembaga bimbel namun mahal dan terkesan jauh untuk anaknya sehingga memerlukan biaya lebih untuk ongkos dan sebagainya. Jadi sampai saat ini masyarakat haus akan pendidikan namun belum didukung dengan kenyataan yang bahwasannya minim ketersediaan lembaga bimbel di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya. Selain itu prestasi dan daya saing menjadi yang terbaik belum begitu terlihat pada sekolah-sekolah yang ada di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya. Untuk itu perlu dorongan motivasi dan bimbingan dari luar bahwa mereka mampu bersaing dan berprestasi.

I.       METODE PELAKSANAAN
1.      Persiapan
Mahasiswa berdiskusi dan menyusun sebuah konsep.
2.      Survey
Tim mahasiswa ini selanjutnya melakukan survey yang nantinya berguna dalam pembuatan lembaga usaha yang akan dilakukan. Survey ini meliputi:
a.       Mencari data daftar sekolah SD di kecamatan Cileunyi dan sekitarnya.
b.      Mencari informasi mengenai kendala yang ditemukan siswa ketika dihadapkan dengan lembaga Bimbel.
c.       Mencari daftar harga barang-barang ATK dan mesin percetakan.
d.      Mencari tempat yang strategis dan murah untuk dijadikan kantor serta kelas lembaga bimbel “Star”.
e.       Mencari informasi dalam membuat sebuah lembaga pendidikan.
3.      Proses Pembentukan Lembaga
Meliputi:
a.       Pembuatan konsep mengenai lembaga Bimbel, seminar dan perlombaan, eskul mata pelajaran di SD dan kelompok belajar.
b.      Pencarian modal yang meliputi ; PKM, investasi, sponsorsif, dan peminjaman modal lainnya.
c.       Membentuk lembaga bimbel yang seutuhnya serta terdaftar dalam dinas pendidikan.
4.      Promosi dan Sosialisasi
a.       Mencari tenaga kerja
b.      Pelaksanaan Seminar dan Perlombaan
Dalam memperkenalkan dan menjaring siswa-siswa untuk masuk kedalam bimbel ini, maka sebagai daya tarik pertama adalah dengan mengadakan seminar dan perlombaan. Disana tim mahasiswa ini membentuk sebuah manajemen yang harus mengatur persiapan segala sesuatunya, sehingga dapat terlaksana. Diantaranya kami membentuk  pimpinan, sekretaris, keuangan, marketing, tutor dan lainnya. Untuk mensosialisasikan program ini (seminar dan perlombaan) dibentuk tim yang dipersiapkan untuk melakukan kunjungan ke sekolah yang ada di wilayah Cileunyi dan sekitarnya untuk kemudian memasuki setiap kelas. Disana kami berdemonstrasi dan mempromosikan secara langsung yang disertai dengan pembagian brosur. Selain itu kami bekerjasama dengan pihak sekolah, jika dalam suatu sekolah setiap sepuluh siswanya terdaftar sebagai peserta bimbel di lembaga ini maka salah seorang dari gurunya mendapatkan kesempatan mengikuti seminar secara gratis.
c.       Pendaftaran Bimbel
Setelah seminar dan perlombaan sukses dilaksanakan, diperkenalkanlah lembaga bimbel kami yang memiliki keunggulan dibandingkan lembaga bimbel lainnya.  Dengan keunggulan sebagai berikut:
·         Biaya terjangkau
·         Gratis biaya pendaftaran
·         Waktu fleksibel
·         Bisa dilakukan dirumah(door to door), kelas, sekolah, dan tempat kelompok belajarnya
·         Pelayanan diselaraskan dengan permintaan
·         Pembinaan karakter
·         Pemahaman konsep dasar  pelajaran
·         Dijamin naik kelas
·         Lulus UN (untuk siswa kelas 6)
·         Pengajar dari PTN favorit dgn IPK min 3,3
·         Masuk SMPN favorit
·         Skill pengajar
·         Kelas minat dan bakat
·         Bermain sambil belajar
·         Study tour

d.      Eskul Mata Pelajaran
Untuk menjangkau siswa-siswa yang tidak mengikuti bimbel, lembaga ini mengadakan program eskul di sekolah dasar. Akan tetapi dikhususkan untuk mata pelajaran yang membutuhkan waktu pembelajaran lebih, yaitu matematika, bahasa inggris, dan IPA. Tujuan program ini adalah agar anak-anak yang berprestasi namun terkendala dengan biaya ataupun jarak dapat merasakan kegiatan ekskul ini dengan biaya yang lebih murah. Solusi lainnya yaitu dengan bekerjasama antar sekolah dan lembaga bimbel sehingga kegiatan sekolah ini bisa digratiskan atau siswa hanya perlu membayar sesuai yang disepakati dengan pihak sekolah. Karena tujuan utama dari eskul ini adalah mencetak siswa-siswa yang siap tempur dalam berkompetisi dalam ajang apapun.
5.      Kegiatan Usaha
Untuk kegiatan kelas, ekskul, kelompok belajar dan privat dari rumah ke rumah sesuai jadwal yang telah disepakati, kecuali hari besar .
6.      Evaluasi
Kegiatan evaluasi ini adalah kegiatan mengkaji seluruh aspek  dan kendala yang ditemukan ketika kegiatan berlangsung. Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan dalam periode mingguan secara berkala dengan teknis diskusi dan berdialog antar staff.

7.      Penyusunan Laporan
Setiap staff dan divisi menyusun laporan tertulis kemudian diserahkan pada sekertaris untuk diarsipkan.

J.      JADWAL KEGIATAN
Tabel 1
Jadwal Kegiatan
No
Kegiatan
Minggu Ke-
Ket
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
1
Persiapan



















2
Survey



















3
Proses pembentukan lembaga



















4
Promosi dan sosialisasi













5
Kegiatan usaha













6
Evaluasi

7
Penyusunan Laporan


K.    RANCANGAN BIAYA
Tabel 2
Rancangan Biaya Pembentukan Lembaga (Rp)

No.
Komponen
Harga
Keterangan
Total

Peralatan
1
Legalitas perusahaan
 Rp 2.500.000,-

  Rp 2.500.000,-
2
Komputer
Rp  2.500.000,-
1
  Rp 2.500.000,-
3
Pengadaan cap
  Rp 50.000,-
1
  Rp 50.000,-
4
Reklame
  Rp 300.000,-

  Rp 300.000,-
5
Spanduk
  Rp 80.000,-

  Rp 80.000,-
6
Kursi Meja
  Rp 300.000,-
40
  Rp 12.000.000,-
7
Whiteboard
  Rp 200.000,-
4
  Rp 800.000,-
8
Printer
  Rp 500.000,-
2
  Rp 1.000.000,-
9
Meja resepsionist
  Rp 500.000,-

  Rp 500.000,-
10
Meja (untuk pegawai)
  Rp 300.000,-
3
  Rp 900.000,-
11
Kursi (untuk pegawai)
  Rp 200.000,-
3
  Rp 600.000,-

Perlengkapan
12
Sewa tempat
  Rp 700.000 ,-
Per bulan
  Rp 700.000,-
13
Pembukuan 
  Rp 40.000,-

  Rp 40.000,-
14
Internet
  Rp 300.000,-
Perbulan
  Rp 300.000,-
15
Air
  Rp 50.000,-
Per bulan
  Rp 50.000,-
16
Listrik
  Rp 50.000,-
Per bulan
  Rp 50.000,-
17
Telepon
  Rp 200.000,-
Per bulan
  Rp 50.000,-
18
Iklan


  Rp 200.000,-
19
Kertas
  Rp 40.000,-
4 rim
  Rp 160.000,-
20
Atk
  Rp 400.000,-

  Rp 400.000,-
Total
  Rp 23.180.000,-

Tabel 3
Rancangan Biaya Seminar dan Perlombaan (Rp)
No
Komponen
Harga satuan
Keterangan
Jumlah
1
Brosur
 Rp 285,-
10.000 lembar
 Rp 2.850.000,-
2
Modul
 Rp 1000,-
600
 Rp 600.000,-
3
Transportasi
 Rp 25 .000,-
60 hari
 Rp 1.500.000,-
4
Spanduk
 Rp 80.000,-
3
 Rp 240.000,-
5
Tempat

Satu hari
 Rp 800.000,-
6
Sewa kursi
 Rp 2.000,-
600 buah
 Rp 1.200.000,-
7
Sound


 Rp 800.000,-
8
Kesekertariatan


 Rp 300.000,-
9
Konsumsi-snack
 Rp 3.000,-
600 buah
 Rp 1.800.000,-
10
Sertifikat
 Rp 3.500,-
600 buah
 Rp 2.100.000,-
11
Marketing


 Rp 800.000,-
12
Piala
 Rp 200.000,-
4 buah
 Rp 800.000,-
13
Door Prize (HP)
 Rp 500.000,-
1
 Rp 500.000,-
14
Penggandanaan soal
 Rp 600,-
600 buah
 Rp 360.000,-
15
Dekorasi


 Rp 200.000,-
16
Dokumentasi


 Rp 100.000,-
17
P3K


 Rp 50.0000,-

Total
 Rp 15.000.000,-

Perkiraan Pemasukan:    
Peserta 500 x Rp 50.000,-  = Rp 25.000.000,-
Total Pemasukan Rp 25.000.000,-
Jadi L/R=Rp 25.000.000,-   Rp 15.000.000,- = Rp 10.000.000,-
Tabel 4
Rancangan Eskul Mata Pelajaran (Rp)
No
Komponen
Jumlah
Harga satuan
Jumlah
1
Transportasi
1 orang
 Rp 8 kali X Rp 10.000,-
Rp 80.000,-
2
Administrasi


 Rp 50.000,-
3
Modul


 Rp 20.000,-

Total
 Rp 150.000,-

Pemasukan :
Iuran Siswa
Rp 5.000,- /siswa X 20* = Rp 100.000,- /kali pertemuan X 8 pertemuan = Rp 800.000,-
Jadi L/R = Rp 800.000,- – Rp 150.000,- = Rp 650.000,- / bulan
Cat. Biaya administrasi hanya satu kali ketika diawal.
* Jumlah siswa bersifat fleksibel

Tabel 5
Rancangan Kelompok Belajar
No
Komponen
Jumlah
Harga satuan
Jumlah
1
Transportasi
1 orang
8 kali X Rp 10.000,-
 Rp 80.000,-
2
Administrasi


 Rp 500.000,-
3
Modul


 Rp 20.000,-

Total
 Rp 150.000,-
Pemasukan :
Iuran Siswa
Rp 15.000,- /siswa X 10*= Rp 150.000,- /kali pertemuan X 8 pertemuan = Rp 1.200.000,-
Jadi L/R = Rp 1.200.000,- – Rp 150.000,- = Rp 1.050.000,- / bulan
Cat. Biaya administrasi hanya satu kali ketika diawal.
* Jumlah siswa bersifat fleksibel

Penjelasan :
Data diatas merupakan data keseluruhan dari lembaga bimbel Star ini. Mengingat peluang sumber dana yang paling besar dari DITLITABMAS yaitu sebesar Rp 10.000.00,- sedangkan biaya pengeluaran kita melebihi dari itu, maka akan dilakukan subsidi silang yaitu pembeliannya dilakukan secara berkala sesuai dengan skala prioritas kebutuhan dan modal yang ada sambil menunggu pemasukan dana dari yang lainnya.

Rincian Tarif
1.      Tipe Kelas : 2 pertemuan perminggu
Pilihan 1 Rp 600.000,-  /semester
Pilihan 2 Rp 125.000,- /bulan
Pembagian Pemasukan : 30% Pengajar dan 70% Perusahaan

2.      Tipe Door to door
Pilihan 1 Rp 20.000,- /pertemuan
Pembagian Pemasukan : Pengajar 50% dan Perusahaan 50%

3.      Tipe eskul
Pilihan 1 Rp 5.000,- /siswa
Pembagian Pemasukan : Sekolah 10%, pengajar 50% dan perusahaan 40%

4.      Kelompok Belajar
Pilihan 1 Rp 15.000,- /siswa
Pembagian Pemasukan : Penyelenggara 50%, pengajar 25% dan perusahaan 25%
Untuk yang rangking 1, 2 dan 3 mendapat potongan 20%

Target Pencapaian Per Bulan
No
Tipe
Jumlah Siswa
Pemasukan
Keterangan


1
Kelas
30
Rp 3.750.000,-
Iuran siswa

2
Door to door
10
Rp 1.600.000,-
Iuran siswa (8 pertemuan)

3
Tipe eskul
20
Rp 800.000,-
Iuran siswa

4
Kelompok Belajar
20
Rp 2.400.000,-
20 siswa = 3 kelompok

Total Pemasukan
Rp 8.850.000,-
Pemasukan Kotor


Target Pencapaian Per Bulan
No
Tipe
Jumlah
Pengeluaran
Keterangan


1
Kelas
30 siswa
Rp 1.125.000,-
Gaji Pengajar

2
Door to door
10 siswa
 Rp 800.000,-
Gaji pengajar

3
Tipe eskul
20 siswa
Rp 150.000,-
Transportasi, administrasi, modul




Rp 80.000,-
Fee untuk sekolah




Rp 400.000,-
Gaji Pengajar

4
Kelompok Belajar
20 siswa
Rp 150.000,-
Transportasi, administrasi, modul




Rp 1.200.000,-
Fee penyelenggara




Rp 600.000,-
Gaji Pengajar

5
Opersional Kantor

Rp 1.800.000,-
Sewa tempat , pembukuan,  internet, air, listrik, telepon, iklan, kertas dan atk
(bersifat perkiraan karena sebagian komponen tergantung pemakaian)

6
Beban Gaji
3 orang
Rp 2.100.000,-
Gaji manajemen

Total Pengeluaran
Rp 8.405.000,-
Pengeluaran


Pendapatan Bersih = Pendapatan kotor-pengeluaran
                               = Rp 8.850.000,-  – Rp 8.405.000,-
                               = Rp 445.000,-
L.     LAMPIRAN
BIODATA PELAKSANA KEGIATAN
a.        Ketua Pelaksana Kegiatan
Nama Lengkap                   :           Yandi Nur Cahya
NIM                                   :           1102994
Fakultas/Jurusan                 :           FIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kampus Cibiru Universitas Pendidikan
Indonesia
Tempat Tanggal Lahir        :           Bandung, 19 Januari 1993
Alamat Rumah                   :           Kampung Melong Rt 05 Rw 11 Desa
Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung 40394
Nomor Handphone                        :           085220014279
Email                                  :           yandinurcahya@yahoo.co.id
Waktu Kegiatan PKM                   :          

b.      Anggota Pelaksana Kegiatan (1)
Nama Lengkap                        :           Nunung Fitriani
NIM                                        :           1104342
Fakultas/Jurusan                      :           FIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus
Cibiru Universitas Pendidikan Indonesia
Tempat Tanggal Lahir             :           Garut, 14 Maret 1993
Alamat Rumah                        :           Rengganis Lebak RT/RW 03/17 Kelurahan
Paminggir Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut
Nomor Handphone                 :           087824910680
Email                                       :           eunprincess.chaiiy0o@gmail.com
Waktu Kegiatan PKM                        :          

c.         Anggota Pelaksana Kegiatan (2)
Nama Lengkap                        :           Arini Maharani
NIM                                        :           1101533
Fakultas/Jurusan                      :           FIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar
KampusCibiru Universitas Pendidikan Indonesia
Tempat Tanggal Lahir             :           Garut, 07 februari 1993
Alamat Rumah                        :           kp.ds parakan rt. 02 rw.07 samarang garut
Nomor Handphone                 :           085624469643
Email                                       :           tiar72@gmail.com
Waktu Kegiatan PKM                        :
d.        Anggota Pelaksana Kegiatan (3)
Nama Lengkap                        :           Iip Miftahudin
NIM                                        :           1105769
Fakultas/Jurusan                      :           FIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kampus Cibiru Universitas Pendidikan Indonesia
Tempat Tanggal Lahir             :           Majalengka,27 April 1993
Alamat Rumah                        :           jl.
Nomor Handphone                 :           089660752842
Email                                       :           iipmiftahudin_19@yahoo.com
Waktu Kegiatan PKM                        :          
BIODATA DOSEN PENDAMPING
Nama Lengkap dan Gelar       :
Golongan Pangkat dan NIP    :
Jabatan Fungsional                  :
Perguruan Tinggi                     :
Alamat Rumah                        :
Nomor Handphone                 :
Email                                       :
Waktu Kegiatan PKM                        :





Bandung,    Agustus 2012     
Mengetahui,               
Anggota Kelompok (1)                                               Anggota Kelompok(2)


Nunung Fitriani                                                                       AriniMaharani
NIM. 1104342                                                                         NIM.1101533
Anggota Kelompok (3)


Iip Miftahudin
NIM.

Ketua Pelaksana Kegiatan                                                      Dosen Pendamping,


Yandi Nur Cahya                                                                  Ardianto
NIM. 1102994


Agenda kamis
5.      diskusi buku
6.      tahap akhir diskusi konsep
7.      print out yandi
8.      udah magrib kumpul
9.      hari jumat ke pak ardi PJ Arin dan iip
10.  customer servis