A.
JUDUL
Bimbel Star : Lembaga Senyum Prestasi Anak
B.
LATAR
BELAKANG
Mahasiswa adalah bagian dari suatu masyarakat
dan biasa dikatakan sebagai sosok masyarakat ilmiah. Namun berdasarkan survey lapangan, pada umumnya
mahasiswa memiliki kendala dalam memenuhi biaya hidup dan
memenuhi biaya perkuliahannya, terlebih dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang
dilakukan oleh organisasi yang harus diikuti menambah beban pengeluaran.Untuk
itu mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif dalam memenuhi setiap
kebutuhannya. Tapi apa daya ketika dihadapkan dengan kenyataan, bahwasannya
mahasiswa ingin sekali mencari suatu lapangan pekerjaan yang sesuai dengan
minat dan bakat mereka, tapi nyatanya sedikit sekali lapangan pekerjaan yang
mau menerima pekerja dari kalangan mahasiswa aktif. Khususnya untuk mahasiswa yang menempuh
program studi kependidikan mengalami kesulitan dalam pencarian lapangan kerja,
dengan alasan mayoritas lembaga pendidikan membutuhkan tenaga kerja yang telah
berpengalaman dan bergelar
sarjana.
Kesadaran masyarakat Indonesia tentang
pentingnya pendidikan semakin meningkat, sehingga mayoritas masyarakat Indonesia berusaha untuk meningkatkan
kualitas pendidikan setiap individu, khususnya kualitas dan kuantitas pendidikan
anak. Populasi masyarakat Indonesia
yang terhitung besar khususnya daerah perkotaan seperti wilayah Bandung raya menyebabkan semakin banyak pula
masyarakat yang membutuhkan dan menginginkan pendidikan yang lebih berkualitas.
Selain itu, kondisi ekonomi yang tidak merata melahirkan tuntutan biaya
pendidikan yang murah.
Bandung raya adalah wilayah yang terhitung
padat penduduk, aktifitas perekonomian yang belum merata, dan memiliki
kesadaran pendidikan yang tinggi. Sehingga wilayah Bandung raya sangat berpotensi dalam program
usaha kependidikan. Mayoritas orang tua menginginkan anaknya mendapatkan
pembelajaran lebih diluar bangku sekolahnya, dengan jadwal yang bisa
diusahakan, dan sebagian menginginkan
agar proses
pembelajaran bisa dilaksanakan dirumahnya masing-masing. Oleh karena itu, dengan memberdayakan mahasiswa
dengan kualifikasi khusus
tim mahasiswa ini menghadirkan program pendidikan dan pembelajaran anak diluar
sekolah dengan waktu, tempat, pilihan mata
pelajaran, dan biaya yang dapat disesuaikan.
C.
RUMUSAN
MASALAH
1. Kebutuhan
pendidikan anak yang bermacam-macam tidak dapat dijaring semua oleh pihak
lembaga pendidikan formal.
2. Banyaknya
mahasiswa yang berkemampuan mengajar dengan bakat dan keahlian yang dimilikinya
tidak teralihkan, serta kebutuhan biaya hidup dan biaya perkuliahan yang semakin
meningkat.
3. Kebingungan
masyarakat yang menginginkan anaknya mengikuti bimbingan belajar, namun
terkendala oleh waktu, tempat, dan biaya.
D.
TUJUAN
1. Kebutuhan
pendidikan anak dapat terpenuhi. Itu tercermin dari peran aktif ketika KBM berlangsung dikelas serta dapat
naik kelas sebagai tahap evaluasi akhirnya.
2. Mahasiswa
dapat memenuhi biaya hidup dan biaya perkuliahannya dengan mendapat penghasilan
dari kerja paruh waktu serta dapat mempraktekan langsung ilmu yang didapatnya
dikelas secara langsung.
3. Orangtua
bisa tenang ketika anaknya dapat mengikuti bimbel yang waktu, tempat, dan biaya
sesuai dengan keinginan orangtua dan lembaga.
E.
LUARAN
YANG DIHARAPKAN
Lembaga Pendidikan yang bergerak dalam bidang
bimbingan belajar untuk anak SD ini diharapkan mampu memudahkan siswa dalam
memahami suatu mata pelajaran sehingga tidak ada lagi kata “tidak naik kelas”
bahkan bisa berprestasi, selain itu sebagai sarana untuk mencari penghasilan
bagi pengajar dan manajemen yang notabenenya adalah para mahasiswa yang sedang
menyelesaikan kuliahnya, terlebih diharapkan bimbel ini bisa berkembang lebih
luas dan mempunyai nama sehingga bisa beromset puluhan juta rupiah setiap
bulannya.
F.
KEGUNAAN
Dengan PKM ini dapat mempermudah siswa dalam
memahami suatu pelajaran serta memiliki keunggulan lebih dibanding siswa lain,
sehingga bisa terlahir putra-putri bangsa yang berprestasi. Selain itu untuk
pengajar bisa dijadikan sebagai suatu penghasilan dalam memenuhi biaya hidup
dalam menjalani civitas akademik, juga dapat dijadikan sarana untuk praktek
pembiasaan di dalam kelas dengan ilmu yang telah didapatkan di kampus.
G.
GAMBARAN
UMUM RENCANA USAHA
Jumlah
sekolah yang ada di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya mencapai 47
sekolah. Untuk jumlah siswa SD yang ada di kabupaten
Bandung pada tahun 2010 mencapai 92.712 siswa. Untuk
wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya itu sendiri bisa kita simpulkan
jumlah murid mencapai 10.000 murid. Sedangkan jumlah mahasiswa aktif dengan
program studi kependidikan di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya
mencapai kisaran 2800 mahasiswa dengan rincian UIN sekitar 2000 mahasiswa dan
UPI kampus Cibiru sekitar 800 mahasiswa. Selain itu, lembaga bimbingan belajar
pendidikan yang ada di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya tidak begitu banyak, dimulai Ganesha Operation, Bimbingan dan Konsultasi Nurul Fikri, Sadewa
Private, Genius Bimbel,
Cendikia Jakarta, Smart Junior dan
lain-lain. Dengan banyaknya siswa SD dan mahasiswa dengan program studi
kependidikan, serta belum banyaknya lembaga Bimbel yang ada di wilayah
kecamatan Cileunyi dan sekitarnya membuktikan betapa berpotensinya usaha yang
akan dijalankan ini. Terlebih untuk mendirikan lembaga ini memerlukan
pengeluaran yang tidak terlalu banyak hanya sekitar Rp 10.000.000,- untuk modal awal, dan akan mendapat
penghasilan sekitar ... per bulan.
H.
GAMBARAN
UMUM MASYARAKAT SASARAN
Tentu
setiap orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, seperti memasukan
anaknya ke dalam lembaga pendidikan dengan harapan anaknya bisa berprestasi dan
mempunyai kemampuan lebih dibandingkan anak yang lain. Tapi masyarakat di
wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya merasa kebingungan harus didaftarkan
kemana anaknya. Ada
lembaga bimbel namun mahal dan terkesan jauh
untuk anaknya sehingga memerlukan biaya lebih untuk ongkos dan sebagainya. Jadi
sampai saat ini masyarakat haus akan pendidikan namun belum didukung dengan
kenyataan yang bahwasannya minim ketersediaan lembaga bimbel di wilayah
kecamatan Cileunyi dan sekitarnya. Selain
itu prestasi dan daya saing menjadi yang terbaik belum begitu terlihat pada
sekolah-sekolah yang ada di wilayah kecamatan Cileunyi dan sekitarnya. Untuk
itu perlu dorongan motivasi dan bimbingan dari luar bahwa mereka mampu bersaing
dan berprestasi.
I.
METODE
PELAKSANAAN
1. Persiapan
Mahasiswa berdiskusi dan menyusun sebuah konsep.
2. Survey
Tim mahasiswa ini selanjutnya melakukan survey yang nantinya
berguna dalam pembuatan lembaga usaha yang akan dilakukan. Survey ini meliputi:
a. Mencari
data daftar sekolah SD di kecamatan Cileunyi dan sekitarnya.
b. Mencari
informasi mengenai kendala yang ditemukan siswa ketika dihadapkan dengan
lembaga Bimbel.
c. Mencari
daftar harga barang-barang ATK dan mesin percetakan.
d. Mencari
tempat yang strategis dan murah untuk dijadikan kantor serta kelas lembaga
bimbel “Star”.
e. Mencari
informasi dalam membuat sebuah lembaga pendidikan.
3. Proses
Pembentukan Lembaga
Meliputi:
a. Pembuatan
konsep mengenai lembaga Bimbel, seminar dan perlombaan, eskul mata pelajaran di SD dan kelompok belajar.
b. Pencarian
modal yang meliputi ; PKM, investasi, sponsorsif, dan peminjaman modal lainnya.
c. Membentuk
lembaga bimbel yang seutuhnya serta terdaftar dalam dinas pendidikan.
4. Promosi
dan Sosialisasi
a. Mencari
tenaga kerja
b. Pelaksanaan
Seminar dan Perlombaan
Dalam memperkenalkan dan menjaring siswa-siswa untuk
masuk kedalam bimbel ini, maka sebagai daya tarik pertama adalah dengan
mengadakan seminar dan perlombaan. Disana tim mahasiswa ini membentuk sebuah
manajemen yang harus mengatur persiapan segala sesuatunya, sehingga dapat
terlaksana. Diantaranya kami membentuk
pimpinan, sekretaris, keuangan, marketing, tutor dan lainnya. Untuk
mensosialisasikan program ini (seminar dan perlombaan) dibentuk tim yang
dipersiapkan untuk melakukan kunjungan ke sekolah yang ada di wilayah Cileunyi
dan sekitarnya untuk kemudian memasuki setiap kelas. Disana kami berdemonstrasi
dan mempromosikan secara langsung yang disertai dengan pembagian brosur. Selain itu kami bekerjasama dengan pihak
sekolah, jika dalam suatu sekolah setiap sepuluh siswanya terdaftar sebagai
peserta bimbel di lembaga ini maka salah seorang dari gurunya mendapatkan
kesempatan mengikuti seminar secara gratis.
c. Pendaftaran
Bimbel
Setelah
seminar dan perlombaan sukses dilaksanakan, diperkenalkanlah lembaga bimbel
kami yang memiliki keunggulan dibandingkan lembaga bimbel lainnya. Dengan
keunggulan sebagai berikut:
·
Biaya terjangkau
·
Gratis
biaya pendaftaran
·
Waktu fleksibel
·
Bisa
dilakukan dirumah(door to door), kelas, sekolah, dan tempat kelompok belajarnya
·
Pelayanan
diselaraskan dengan permintaan
·
Pembinaan karakter
·
Pemahaman konsep dasar pelajaran
·
Dijamin naik kelas
·
Lulus UN (untuk siswa kelas 6)
·
Pengajar dari PTN favorit dgn IPK min 3,3
·
Masuk SMPN favorit
·
Skill pengajar
·
Kelas minat dan bakat
·
Bermain sambil belajar
·
Study tour
d. Eskul
Mata Pelajaran
Untuk
menjangkau siswa-siswa yang tidak mengikuti bimbel, lembaga ini mengadakan program eskul di sekolah
dasar. Akan tetapi dikhususkan untuk mata pelajaran
yang membutuhkan waktu pembelajaran lebih, yaitu matematika, bahasa inggris,
dan IPA. Tujuan program ini adalah agar anak-anak yang berprestasi namun
terkendala dengan biaya ataupun jarak dapat merasakan kegiatan ekskul ini
dengan biaya yang lebih murah. Solusi lainnya yaitu dengan bekerjasama antar
sekolah dan lembaga bimbel sehingga kegiatan sekolah ini bisa digratiskan atau
siswa hanya perlu membayar sesuai yang disepakati dengan pihak sekolah. Karena
tujuan utama dari eskul ini adalah mencetak siswa-siswa yang siap tempur dalam
berkompetisi dalam ajang apapun.
5. Kegiatan
Usaha
Untuk kegiatan kelas, ekskul, kelompok belajar dan privat dari
rumah ke rumah sesuai jadwal yang telah disepakati, kecuali hari besar .
6. Evaluasi
Kegiatan evaluasi ini adalah kegiatan mengkaji seluruh aspek dan kendala yang ditemukan ketika kegiatan
berlangsung. Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan dalam periode mingguan secara
berkala dengan teknis diskusi dan berdialog antar staff.
7. Penyusunan
Laporan
Setiap staff dan divisi menyusun laporan tertulis kemudian diserahkan
pada sekertaris untuk diarsipkan.
J.
JADWAL
KEGIATAN
Tabel 1
Jadwal Kegiatan
No
|
Kegiatan
|
Minggu Ke-
|
Ket
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
|||
1
|
Persiapan
|
√
|
√
|
|||||||||||||||||||
2
|
Survey
|
√
|
√
|
|||||||||||||||||||
3
|
Proses pembentukan lembaga
|
√
|
√
|
|||||||||||||||||||
4
|
Promosi dan sosialisasi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||||
5
|
Kegiatan usaha
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||||
6
|
Evaluasi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
7
|
Penyusunan Laporan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
K. RANCANGAN BIAYA
Tabel
2
Rancangan
Biaya Pembentukan Lembaga (Rp)
No.
|
Komponen
|
Harga
|
Keterangan
|
Total
|
Peralatan
|
||||
1
|
Legalitas
perusahaan
|
Rp 2.500.000,-
|
Rp 2.500.000,-
|
|
2
|
Komputer
|
Rp 2.500.000,-
|
1
|
Rp 2.500.000,-
|
3
|
Pengadaan
cap
|
Rp 50.000,-
|
1
|
Rp 50.000,-
|
4
|
Reklame
|
Rp 300.000,-
|
Rp 300.000,-
|
|
5
|
Spanduk
|
Rp 80.000,-
|
Rp 80.000,-
|
|
6
|
Kursi
Meja
|
Rp 300.000,-
|
40
|
Rp 12.000.000,-
|
7
|
Whiteboard
|
Rp 200.000,-
|
4
|
Rp 800.000,-
|
8
|
Printer
|
Rp 500.000,-
|
2
|
Rp 1.000.000,-
|
9
|
Meja
resepsionist
|
Rp 500.000,-
|
Rp 500.000,-
|
|
10
|
Meja
(untuk pegawai)
|
Rp 300.000,-
|
3
|
Rp 900.000,-
|
11
|
Kursi
(untuk pegawai)
|
Rp 200.000,-
|
3
|
Rp 600.000,-
|
Perlengkapan
|
||||
12
|
Sewa
tempat
|
Rp 700.000
,-
|
Per bulan
|
Rp 700.000,-
|
13
|
Pembukuan
|
Rp 40.000,-
|
Rp 40.000,-
|
|
14
|
Internet
|
Rp 300.000,-
|
Perbulan
|
Rp 300.000,-
|
15
|
Air
|
Rp 50.000,-
|
Per bulan
|
Rp 50.000,-
|
16
|
Listrik
|
Rp 50.000,-
|
Per bulan
|
Rp 50.000,-
|
17
|
Telepon
|
Rp 200.000,-
|
Per bulan
|
Rp 50.000,-
|
18
|
Iklan
|
Rp 200.000,-
|
||
19
|
Kertas
|
Rp 40.000,-
|
4 rim
|
Rp 160.000,-
|
20
|
Atk
|
Rp 400.000,-
|
Rp 400.000,-
|
|
Total
|
Rp 23.180.000,-
|
Tabel
3
Rancangan
Biaya Seminar dan Perlombaan (Rp)
No
|
Komponen
|
Harga
satuan
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Brosur
|
Rp 285,-
|
10.000
lembar
|
Rp 2.850.000,-
|
2
|
Modul
|
Rp 1000,-
|
600
|
Rp 600.000,-
|
3
|
Transportasi
|
Rp 25 .000,-
|
60
hari
|
Rp 1.500.000,-
|
4
|
Spanduk
|
Rp 80.000,-
|
3
|
Rp 240.000,-
|
5
|
Tempat
|
Satu
hari
|
Rp 800.000,-
|
|
6
|
Sewa kursi
|
Rp 2.000,-
|
600 buah
|
Rp 1.200.000,-
|
7
|
Sound
|
Rp 800.000,-
|
||
8
|
Kesekertariatan
|
Rp 300.000,-
|
||
9
|
Konsumsi-snack
|
Rp 3.000,-
|
600 buah
|
Rp 1.800.000,-
|
10
|
Sertifikat
|
Rp 3.500,-
|
600 buah
|
Rp 2.100.000,-
|
11
|
Marketing
|
Rp 800.000,-
|
||
12
|
Piala
|
Rp 200.000,-
|
4 buah
|
Rp 800.000,-
|
13
|
Door Prize (HP)
|
Rp 500.000,-
|
1
|
Rp 500.000,-
|
14
|
Penggandanaan soal
|
Rp 600,-
|
600 buah
|
Rp 360.000,-
|
15
|
Dekorasi
|
Rp 200.000,-
|
||
16
|
Dokumentasi
|
Rp 100.000,-
|
||
17
|
P3K
|
Rp 50.0000,-
|
||
Total
|
Rp 15.000.000,-
|
Perkiraan Pemasukan:
Peserta 500 x Rp 50.000,- = Rp 25.000.000,-
Total Pemasukan Rp 25.000.000,-
Jadi L/R=Rp 25.000.000,- – Rp 15.000.000,- = Rp 10.000.000,-
Tabel
4
Rancangan
Eskul Mata Pelajaran (Rp)
No
|
Komponen
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
1
|
Transportasi
|
1 orang
|
Rp 8
kali X Rp 10.000,-
|
Rp 80.000,-
|
2
|
Administrasi
|
Rp 50.000,-
|
||
3
|
Modul
|
Rp 20.000,-
|
||
Total
|
Rp 150.000,-
|
Pemasukan :
Iuran Siswa
Rp 5.000,- /siswa
X 20* = Rp
100.000,- /kali
pertemuan X 8 pertemuan = Rp 800.000,-
Jadi L/R = Rp 800.000,- – Rp 150.000,- = Rp 650.000,- / bulan
Cat. Biaya
administrasi hanya satu kali ketika diawal.
* Jumlah siswa
bersifat fleksibel
Tabel
5
Rancangan
Kelompok Belajar
No
|
Komponen
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
1
|
Transportasi
|
1 orang
|
8 kali X Rp 10.000,-
|
Rp 80.000,-
|
2
|
Administrasi
|
Rp 500.000,-
|
||
3
|
Modul
|
Rp 20.000,-
|
||
Total
|
Rp 150.000,-
|
Pemasukan :
Iuran Siswa
Rp 15.000,- /siswa X 10*= Rp 150.000,- /kali pertemuan X 8 pertemuan
= Rp 1.200.000,-
Jadi L/R = Rp 1.200.000,- – Rp 150.000,- = Rp 1.050.000,- / bulan
Cat. Biaya
administrasi hanya satu kali ketika diawal.
* Jumlah siswa
bersifat fleksibel
Penjelasan :
Data diatas merupakan data keseluruhan dari lembaga
bimbel Star ini. Mengingat peluang sumber dana yang paling besar dari
DITLITABMAS yaitu sebesar Rp 10.000.00,- sedangkan biaya pengeluaran kita melebihi
dari itu, maka akan dilakukan subsidi silang yaitu pembeliannya dilakukan
secara berkala sesuai dengan skala prioritas kebutuhan dan modal yang ada
sambil menunggu pemasukan dana dari yang lainnya.
Rincian Tarif
1.
Tipe Kelas : 2 pertemuan perminggu
Pilihan 1 Rp 600.000,- /semester
Pilihan 2 Rp 125.000,- /bulan
Pembagian
Pemasukan : 30% Pengajar dan 70% Perusahaan
2.
Tipe Door to door
Pilihan 1 Rp 20.000,- /pertemuan
Pembagian
Pemasukan : Pengajar 50% dan Perusahaan 50%
3.
Tipe eskul
Pilihan 1 Rp 5.000,- /siswa
Pembagian Pemasukan
: Sekolah
10%, pengajar
50% dan perusahaan
40%
4.
Kelompok Belajar
Pilihan 1 Rp
15.000,- /siswa
Pembagian
Pemasukan : Penyelenggara 50%, pengajar 25% dan perusahaan 25%
Untuk yang rangking 1, 2 dan 3 mendapat potongan 20%
Target
Pencapaian Per Bulan
No
|
Tipe
|
Jumlah Siswa
|
Pemasukan
|
Keterangan
|
|
1
|
Kelas
|
30
|
Rp
3.750.000,-
|
Iuran siswa
|
|
2
|
Door to door
|
10
|
Rp 1.600.000,-
|
Iuran siswa (8 pertemuan)
|
|
3
|
Tipe eskul
|
20
|
Rp 800.000,-
|
Iuran siswa
|
|
4
|
Kelompok Belajar
|
20
|
Rp 2.400.000,-
|
20 siswa = 3 kelompok
|
|
Total Pemasukan
|
Rp 8.850.000,-
|
Pemasukan Kotor
|
Target
Pencapaian Per Bulan
No
|
Tipe
|
Jumlah
|
Pengeluaran
|
Keterangan
|
|
1
|
Kelas
|
30 siswa
|
Rp
1.125.000,-
|
Gaji Pengajar
|
|
2
|
Door to door
|
10 siswa
|
Rp 800.000,-
|
Gaji pengajar
|
|
3
|
Tipe eskul
|
20 siswa
|
Rp 150.000,-
|
Transportasi, administrasi, modul
|
|
Rp 80.000,-
|
Fee untuk sekolah
|
||||
Rp 400.000,-
|
Gaji Pengajar
|
||||
4
|
Kelompok Belajar
|
20 siswa
|
Rp 150.000,-
|
Transportasi, administrasi, modul
|
|
Rp 1.200.000,-
|
Fee penyelenggara
|
||||
Rp 600.000,-
|
Gaji Pengajar
|
||||
5
|
Opersional Kantor
|
Rp 1.800.000,-
|
Sewa
tempat , pembukuan, internet, air, listrik, telepon, iklan, kertas dan atk
(bersifat perkiraan karena sebagian komponen
tergantung pemakaian)
|
||
6
|
Beban Gaji
|
3 orang
|
Rp 2.100.000,-
|
Gaji manajemen
|
|
Total Pengeluaran
|
Rp 8.405.000,-
|
Pengeluaran
|
Pendapatan
Bersih = Pendapatan kotor-pengeluaran
= Rp 8.850.000,-
– Rp 8.405.000,-
= Rp 445.000,-
L.
LAMPIRAN
BIODATA
PELAKSANA KEGIATAN
a.
Ketua
Pelaksana Kegiatan
Nama Lengkap : Yandi Nur Cahya
NIM : 1102994
Fakultas/Jurusan : FIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kampus Cibiru Universitas
Pendidikan
Indonesia
Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 19
Januari 1993
Alamat Rumah : Kampung Melong Rt 05 Rw 11 Desa
Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung
40394
Nomor Handphone : 085220014279
Email : yandinurcahya@yahoo.co.id
Waktu Kegiatan PKM :
b. Anggota Pelaksana Kegiatan (1)
Nama Lengkap : Nunung Fitriani
NIM : 1104342
Fakultas/Jurusan : FIP/
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus
Cibiru Universitas Pendidikan Indonesia
Tempat Tanggal Lahir : Garut,
14 Maret 1993
Alamat Rumah : Rengganis Lebak RT/RW 03/17 Kelurahan
Paminggir Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut
Nomor Handphone : 087824910680
Email : eunprincess.chaiiy0o@gmail.com
Waktu Kegiatan PKM :
c.
Anggota
Pelaksana Kegiatan (2)
Nama Lengkap : Arini Maharani
NIM : 1101533
Fakultas/Jurusan : FIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar
KampusCibiru Universitas Pendidikan Indonesia
Tempat Tanggal Lahir : Garut,
07 februari 1993
Alamat Rumah : kp.ds parakan rt. 02 rw.07 samarang
garut
Nomor Handphone : 085624469643
Email : tiar72@gmail.com
Waktu Kegiatan PKM :
d.
Anggota
Pelaksana Kegiatan (3)
Nama Lengkap : Iip Miftahudin
NIM : 1105769
Fakultas/Jurusan : FIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kampus Cibiru Universitas Pendidikan Indonesia
Tempat Tanggal Lahir : Majalengka,27
April 1993
Alamat Rumah : jl.
Nomor Handphone : 089660752842
Email : iipmiftahudin_19@yahoo.com
Waktu Kegiatan PKM :
BIODATA
DOSEN PENDAMPING
Nama Lengkap dan Gelar :
Golongan Pangkat dan NIP :
Jabatan Fungsional :
Perguruan Tinggi :
Alamat Rumah :
Nomor Handphone :
Email :
Waktu Kegiatan PKM :
Bandung, Agustus 2012
Mengetahui,
Anggota Kelompok (1) Anggota
Kelompok(2)
Nunung Fitriani AriniMaharani
NIM. 1104342 NIM.1101533
Anggota Kelompok (3)
Iip Miftahudin
NIM.
Ketua Pelaksana Kegiatan Dosen Pendamping,
Yandi Nur Cahya Ardianto
NIM.
1102994
Agenda kamis
5. diskusi
buku
6. tahap
akhir diskusi konsep
7. print
out yandi
8. udah
magrib kumpul
9. hari
jumat ke pak ardi PJ Arin dan iip
10.
customer servis