Laporan Observasi Matematika SD - Operasi Hitung Bilangan di Kelas 3

BAB II
PEMBAHASAN HASIL OBSERVASI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD

Pembelajaran Matematika yang diobservasi oleh penulis adalah pembelajaran Matematika di kelas 3 semester 2. Adapun penjelasan lebih rincinya sebagai berikut.
A.      Standar Kompetensi :           Melakukan operasi hitung bilangan sampai
                                                tiga angka
B.      Kompetensi Dasar     :           Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
                                                tiga angka dan pembagian bilangan tiga
                                                angka

C.      Materi yang Disampaikan Guru
Pembagian
·         Pembagian Dengan Menggunakan Sistem Pengurangan Berulang
72 : 8 =  . . . .
72 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 = 0
Maka 72 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 = 0, berarti 72 : 8 = 9
                                   
24 : 4 =  . . .
24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0
Maka 24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0, berarti 24 : 4 = 6
·    Pembagian Dengan Menggunakan Cara Bersusun Pendek
Membagi Bilangan Tiga Angka dengan bilangan Satu Angka




  121
2) 242                 242 : 2 = 100, sisa 42
                          200 –             100  2 = 200
                            42                42 : 2 = 20, sisa 2
                            40 –                         20  2 = 40
                              2                2 : 2 = 1, sisa 0
                              2 –            
0                                   Jadi, 242 : 2 = 121
D.      Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Guru mengkondisikan siswa sebelum pembelajaran berlangsung. Pembelajaran matematika ini dilakukan di jam akhir pembelajaran. Guru sudah mampu mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran.
b.      Guru tidak mengecek kehadiran siswa. Seharusnya, meskipun pelajaran ini di jam akhir pembelajaran, guru harus senantiasa memperhatikan kehadiran siswa. Ini ditakutkan terdapat ada beberapa siswa yang tidak mengikuti pembelajaran karena pulang atau alasan lainnya.
c.       Guru tidak memeberikan motivasi terlebih dahulu dalam kegiatan awal pembelajaran, padahal ini sangat penting agar siswa mampu bersemangat mengikuti pembelajaran.

Yang download wajib coment, kalau tidak dosa lhooo.. heuheu
biar saya nya semangat dan rajin ngshare tugas-tugas kuliah saya :D