IMPLEMENTASI STRATEGI KETERAMPILAN SOSIAL



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Teori Perolehan Nilai
a)      Teori sosiobiologi,menyatakan bahwa banyak perilaku prososial didasarkan pada nilai-nilai moral pada dasarnya berakar pada warisan genetik manusia.
b)      Teori psikoanalisa,meyakini bahwa anak-anak memperoleh nilai atau moralitas secara langsung dari orang tua mereka dan bertindak sesuai dengan petunjuk moral untuk menghindari perasaan bersalah yang menghukum. Teori belajar social menyatakan bahwa anak-anak memperoleh perilaku bernilai atau bermoral melalui contoh (modeling) dan penguatan (reinforcement). Teori belajar sosial dan juga teori psikoanalisa merujuk terutama pada transmisi (pewarisan) moral, norma, dan nilai dari masyarakat kepada seorang anak.
c)      Teori perkembangan,meyakini bahwa individu berkembang untuk bermoral melalui konstruksi atau pembentukan makna moral, bukan sekedar secara sederhana menginternalisasi aturan dan harapan yang telah ada.Teori ini memandang perolehan nilai dari sudut pandang konstruktivisme yang lebih menekankan pada peran individu dalam memperoleh nilai atau moral

B.     Pentingnya Pendidikan Nilai dalam IPS
Menurut Lickona tujuan pendidikan di sekolah bukan hanya mendorong peserta didik untuk menjadi cerdas, tetapi juga mendorong mereka menjadi pribadi-pribadi yang baik. Sementara itu, Beck juga menyataan bahwa pendidikan nilai di sekolah mempunyai beberapa unsur positif. Para ahli IPS sepakat bahwa bahwa IPS mesti membantu siswa mengembangkan pengetahuan, pengertian, keterampilan, dan nilai yang esensial bagi warga negara dalam suatu bangsa yang demokratis. Mereka sepakat bahwa nilai merupakan bagian yang tak terpisahkan dari IPS.

Dalam kurikulum standar untuk social studies (NCSS, 1994), pentingnya nilai ini dinyatakan secara jelas. Standar tersebut menyatakan bahwa proses belajar mengajar IPS memiliki kekuatan (powerful) jika bermakna, terpadu, berbasis nilai, menantang, dan aktif. 

Selengkapnya....